Saturday, March 23, 2013

Abis Curhat Ruangan Kerja SBY Terlalu Kecil, Gedung Setneg Terbakar

:) kalo ada bangunan yang rusak siapa tahu bisa ikut memperluas ruangan kerja sekalian, inget ruangan kerja yang besar dan luas itu ada tanggung jawab yang besar juga. ga cuma maen safety aja hehehe... Bener ga bro

“Untuk diketahui yang terbakar Gedung Setneg, bukan Istana Negara. Tidak ada rumors itu (Presiden SBY dievakuasi),” kata Jubir Presiden Julian Aldrin Pasha kepada LICOM, Kamis (21/3/2013).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak dievakuasi, meskipun Gedung Sekretariat Negara (Setneg) yang terbakar hanya berjarak 100 meter dari Istana Negara.

Sebelumnya diberitakan, api sempat menjalar lantai III Gedung Sekretaris Negara. Namun demikian, api tidak sampai membakar ruangan Mensesneg Sudi Silalahi.

Demikian disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief dalam pesan elektronik kepada LICOM, Kamis (21/3/2013).

“Ruangan Pak Sudi tidak terbakar. Sejak awal kebakaran sudah ada Pak Menkopolhukam Djoko Suyanto, Seskab Dipo Alam serta Sekretaris Mensesneg, Lambock. Sementara itu Pak Sudi sedang di Bandung,” tegas Andi.

Kebakaran terjadi di akhir rapat terbatas kabinet tentang Pagu Indikatif RAPBN 2014 yang dipimpin Presiden. Saat ini situasi di lokasi sudah terkendali, kebakaran sudah padam, dan kini tinggal memastikan sisa-sisa api padam total.

“Kapolri dan jajaran juga sudah dilokasi saat kebakaran. Terimakasih ke semua pihak yang telah bekerja keras memadamkan api,” demikian Andi Arief.

Kebakaran yang melanda Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013) petang, menghanguskan lantai 2 dan 3 gedung tersebut. Pegawai di tempat tersebut tidak menyadari api telah membesar karena diduga alarm tanda kebakaran tak berfungsi.

Menurut sumber Kompas.com yang merupakan salah seorang pegawai Setneg, api diperkirakan mulai menjalar sekitar pukul 16.40 WIB. Saat itu, para pegawai negeri sipil (PNS) di sana mulai bersiap untuk pulang kerja. "Nah, terus alarm tidak bunyi dan hidran di kantor juga sudah tidak baru," katanya dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Kamis petang.

Pada saat kejadian, sumber tersebut berada di lantai dasar. Ia mengatakan, mobil pemadam kebakaran yang ditempatkan di Kantor Setneg hanya ada satu unit dan tergolong mobil pemadam kebakaran berukuran kecil. Tangga di mobil pemadam kebakaran itu tidak bisa menjangkau lantai 3, tempat sumber api kebakaran. Api itu mulai menjalar di sayap kanan gedung di lantai 3. Beberapa pegawai yang berada di tempat itu lari berhamburan keluar.

Sumber itu menyatakan, ruangan yang terbakar merupakan ruang rapat yang jarang digunakan dan hanya dipakai untuk sidang kabinet. "Kalau ruang rapat memang selalu sepi, sih. Kalau tidak ada sidang kabinet, ruangan tersebut tidak dipakai. Intinya karena angin kencang plus ruangan sepi, jadi cepat membesar dan tidak ada pegawai yang menyadari," kata dia.

Kebakaran di Gedung Utama Sekretariat Negara di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, sudah mulai padam sekitar pukul 18.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran mengerahkan sekurangnya 30 mobil pemadam kebakaran. Hingga pukul 20.00 WIB, satu per satu mobil pemadam kebakaran mulai meninggalkan lokasi.

0 comments:

Post a Comment

Older Post ►
 

Copyright 2011 Popular dan Up To Date is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger